Jenis Bahan Material Kanopi

Posted by asyik On Jumat, 01 Juni 2012 0 komentar


Ada dua jenis bahan yang perlu di perhatikan sebelum membangun kanopi untuk rumah kita, yaitu Bahan Rangka dan Bahan Penutup/ Atap.

Bahan Rangka Kanopi

Rangka Stainless Steel
Bahan ini merupakan logam tahan karat, penampilannya terlihat elegan dan mudah perawatannya. Namun harganya memang relative mahal dan cara pengelasannya cukup rumit, agar terlihat rapi.

Rangka Pipa Besi (hollow)
Bahan ini mudah berkarat sehingga perlu dilakukan pengecatan dengan anti karat terlebih dahulu, jenis catnya adalah zinchromate. Biaya pembuatan rangka kanopi dengan material ini akan lebih murah, namun harus selalu diperhatikan perawatannya agar awet.

Rangka Baja Ringan
Biasanya material ini digunakan pada atap rumah, tapi dapat juga dipakai untuk rangka kanopi. Bentuk fisiknya berupa batangan, sehingga mudah dibentuk dan dikreasikan dengan berbagai jenis atap. Material ini kokoh dan anti karat.


Bahan Penutup

Polikarbonat
Bahannya tembus sinar matahari sehingga memberikan efek panas, setelah beberapa waktu yang lama bahan polikarbonat ini akan terlihat kotor oleh debu dan jamur, oleh sebab itu harus rajin membersihkannya.

Membrant
Bahan ini lumayan mahal kira-kira Rp. 700 ribu per meternya, pilihan warnanya banyak, walau lebih tipis membrant tidak mudah robek, walau cuaca yang cukup ekstrim.

Zinckalum
Sejenis seng yang terbuat dari baja dan bertekstur, ruang dibawahnya cukup terasa sejuk jika menggunakan bahan ini, bahan ini cukup tebal yaitu 1,6 mm, daya tahannya lebih kuat, air tidak mudah menempel karena kesat, sehingga tidak mudah kotor oleh jamur maupun debu.

Kaca
Rumah terlihat lebih mewah namun pemasangannya cukup rumit, jenis kaca yang digunakan untuk atap mempunyai ketebalan 8-10 mm, harganyapun cukup mahal antara Rp. 1,3 sampai Rp. 1,6 Juta  per meter persegi, dan apabila terjadi bencana tentunya bisa pecah dan mungkin pecahan kacanya akan cukup berbahaya. Oleh sebab itu perencanaannya harus di perhatikan masalah safetynya. Bahan ini butuh perawatan ekstra agar tetap terjaga ke indahannya.



Semoga artikel Jenis Bahan Material Kanopi bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Poskan Komentar